Apel Kesiapan Pemilu 2024 serta Simulasi Pemungutan, Pencoblosan dan Penghitungan serta Pengamanan TPS di Polres Minahasa

MINAHASA – Bertempat di Lapangan Polres Minahasa, telah dilaksanakan kegiatan Apel Kesiapan dalam Rangka Pemilu 2024 di Kabupaten Minahasa, yang dipimpin oleh Pj Bupati Minahasa DR Jemmy Stani Kumendong, Jumat (9/2/2024).

Pada Apel Kesiapan Pemilu 2024 dirangkaikan juga dengan Simulasi Pemungutan, Pencoblosan dan Penghitungan serta Pengamanan TPS, yang digelar Kepolisian Resort (Polres) Minahasa.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh penting di wilayah tersebut, antara lain Bupati Minahasa, Kapolres Minahasa, Dandim 1302 Minahasa, Kajari Minahasa, Ketua KPU Kabupaten Minahasa, Ketua BAWASLU Kabupaten Minahasa, serta para pejabat lainnya dari pemerintahan dan kepolisian, termasuk para Kapolsek dan Camat di Kabupaten Minahasa.

Menurut Bupati Kumendong, digelarnya simulasi tersebut begitu penting guna menjaga segala kemungkinan yang ditimbulkan pada saat pemungutan suara.

“Ketika terjadi kekacauan atau situasi tidak aman, maka prosedur penanganannya sudah ada. Itulah gunanya simulasi pada hari ini,” kata Kumendong di lapangan apel Polres Minahasa.

Dirinya juga mengapresiasi kordinasi yang telah terbentuk antara Pemkab Minahasa dan Polres Minahasa.

“Sejauh ini koordinasi antara Pemkab dan Polres Minahasa berjalan baik, tindakan pengamanan yang dilakukan kepolisian selalu kami dukung,” katanya.

Sementara, Kapolres Minahasa, AKBP S. Sophian menyebutkan jika kegiatan ini sudah direncanakan kepolisian agar nantinya lebih memahami situasi dan kondisi saat berada di lapangan.

“Pelaksanaan simulasi sangat penting, apabila ada masalah seputar pengamanan bisa lebih siap dan efektif,” kata Sophian.

Polres Minahasa juga telah mempersiapkan dengan matang bentuk pengamanan di TPS yang tersebar di wilayah hukum Polres Minahasa.

“Jumlah TPS di wilayah hukum Polres Minahasa berjumlah 782 sudah kita plot yang rawan dan sangat rawan,” jelasnya. Kita libatkan 290 Personel Polres dan dibantu Polda, selain itu kita memiliki kekuatan tambahan apabila dibutuhkan ekstra pengamanan,” imbuh Sophian.

(Stefri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *