Sekda Lynda Watania Dampingi Bupati Kumendong saat  Rakor Inflasi Kemendagri RI

MINAHASA – Bupati Minahasa, Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si., bersama Sekretaris Daerah, Dr. Lynda D. Watania, MM., M.Si., mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi yang yang dipimpin  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang diwakili oleh Inspektur Jenderal  (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tomsi Tohir secara virtual, Senin (26/2/2024), melalui zoom meeting, bertempat di Ruang Minahasa Command Center Kantor Bupati.

Tomsi Tohir menyampaikan bahwa, sejumlah komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga, perlu penanganan serius dari pihak terkait. Komoditas ini di antaranya Beras, Cabai Merah, Minyak Goreng, dan Ayam Ras.

Tomsi Tohir juga mengungkapkan sejumlah daerah baik itu Provinsi maupun Kabupaten/Kota memiliki Indeks Perkembangan Harga (IPH) tinggi.

“IPH ini merupakan bagian dari penyebab tingginya inflasi. Dari data yang disampaikan Kemendagri, Provinsi Riau termasuk 10 provinsi yang terendah Inflasinya,”terangnya

Kemudian, Tomsi Tohir Berharap untuk Kepala daerah untuk bisa bahu membahu dan melakukan upaya upaya yang maksimal untuk mengatasi kenaikan dari inflasi tersebut.

Sementara itu, di sela zoom meeting, Sekretaris Daerah menyampaikan kepada kepala OPD terkait untuk segera mengambil langkah konkret dalam menghadapi inflasi di daerah.

“Kepada kepala OPD diminta untuk membuat laporan mengenai langkah-langkah tersebut mulai dari tanggal 26 hingga 1 Maret 2024,” kata Watania.

Acara ini diikuti oleh berbagai pejabat penting di daerah, termasuk Asisten II, Asisten III, Inspektur, Kepala Bappelitbangda, Kepala BPKAD, serta para Kepala Dinas seperti Kominfo, Pertanian, Perdagangan, Kelautan dan Perikanan, Sosial, PUPR, Perhubungan, Pangan, dan Koperasi UKM. Serta dihadiri pula oleh Kasat PolPP, Kabag Hukum, Kabag Perekonomian, dan Kabag Prokopim.

(Stefri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *