Bupati Kumendong Resmikan BPD Kabupaten Minahasa Periode 2023-2029

MINAHASA – Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong MSi, melakukan peresmian Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masa keanggotaan periode 2023-2029 dan pengisian anggota BPD antar waktu, Selasa (09/01/2024), bertempat di ruang sidang kantor bupati Minahasa.

Peresmian BPD KAbupaten Minahasa ini berdasarkan SK Bupati Minahasa nomor 715 tahun 2023 tanggal 12 Desember 2023, dengan total sebanyak 42 anggota perwakilan dari 17 desa dan 11 kecamatan yang resmi telah dilantik.

Pada kesempatan ini Bupati Kumendong turut didampingi Sekretaris Daerah, Dr Lynda Watania, Asisten I Drs Riviva Maringka, Asisten III Vicky Tanor, Kepala Dinas PMD Arthur Palilingan dan sejumlah Camat serta Hukum Tua.

Dalam arahannya Bupati Kumendong meminta kepada anggota yang dilantik agar meningkatkan kapasitas BPD di Minahasa.

“Selamat buat anggota BPD dan antar waktu yang telah dilantik. Saya berharap kalian semua mempelajari terkait aturan-aturan yang berlaku, agar pemerintahan boleh berjalan dengan baik dan tugas fungsi BPD berjalan dengan baik,” kata Bupati Kumendong.

Bupati Minahasa juga meminta agar para pengurus dan anggotaBPD yang baru dilantik agar tidak bersikap sebagai oposan, sehingga akan berbenturan dengan Kepala Desa.

“Saya harap para anggota dan pengurus BPD yang baru diresmikanagar tidak bersikan oposan terhadap Kepala Desa, sehingga akan terjadi benturan-benturan. Seharusnya BPD dan Kepala Desa sinergis, sehingga bisa maksimal. Meskipun disadari dan dimaklumi ada keterbatasan-keterbatasan.Keberadaan Saudara sekalian sebenarnya memiliki kapasitas sehingga bisa dipercaya oleh masyarakat. Disini Saya juga akan melihat keberadaan Saudara sekalian untuk bisa meningkatkan SDM dan kesejahteraan masyarakat desa,” ujar Kumendong seraya meminta BPD terus mengingatkan dan mengawasi laporan pertanggungjawaban Kepala Desa.

Dalam waktu dekat juga BPD akan diperhadapkan dengan musyawarah Desa. Mekanismenya harus dilaksanakan sehingga berbagai keputusan bisa dipertanggungjawabkan. Hal ini juga sesuai Permendagri nomor 110 tahun 2016.

“Terakhir menyambut Pemilu pada 14 Februari diminta peran BPD untuk ikut mensukseskan serta membuat keadaan masyarakat Desa tetap aman dan nyaman. Diharapkan kerja keras dari semua anggota BPD. Selamat bertugas, Tuhan memberkati,” tutup Bupati Kumendong.

(Stevry)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *